Senin, 08 Juni 2009

Ikatan Logam

Ikatan Logam
Apakah kmu mampu menyebutkan peralatan laboratorium yang terbuat dari logam? Apakah kmu mengetahut susunan atom-atom logam? Mengapa logam dapat menghantarkan arus listrik? Hal ini dikarenakan atom-atom logam saling terikat oleh ikatan logam.

Drude dan Lorentz
mengemukakan model, bahwa logam sebagai suatu kristal terdiri dari ion-ion positif logam dalam bentuk bola-bola keras dan sejumlah elektron yang bergerak bebas dalam ruang antara. Elektron-elektron valensi logam tidak terikat erat (karena energi ionisasinya rendah), sehingga relatif bebas bergerak. Hal ini dapat dimengerti mengapa logam bersifat sebagai penghantar panas dan listrik yang baik, dan juga mengkilat.

Umumnya unsur logam merupakan elektropositif karena memiliki kecenderungan untuk kehilangan elektron valensi membentuk ion positif. Akibatnya terjadi penataan teratur ion-ion positif logam dan disekitarnya terdapat lautan elektron valensi yang telah lepas dari atom logam. Elektron bertindak seperti perekat pada ikatan logam. Gambar tentang lautan elektron.Jadi ikatan logam adalah ikatan antar atom logam yang dikarenakan lautan elektron mengelilingi ion logam positif. Adanya lautan elektron menyebabkan logam mudah menghantarkan arus listrik. Gambar di bawah ini menunjukkan aliran elektron dari kutub negatif ke kutub positif pada kawat logam

Berdasarkan uraian tersebut, kamu mampu memahami sifat logam. Sifat-sifat logam tersebut adalah:
  1. Logam merupakan konduktor panas dan listrik yang baik
  2. Logam memiliki kerapatan dan titik leleh yang tinggi
  3. Logam dapat dibentuk dengan cara ditempa
  4. Umumnya logam mengkilap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar