Rabu, 08 Juli 2009

Bahaya Merkuri Pada Manusia

Merkuri adalah logam berat yang dapat menimbulkan sakit parah bila dilepaskan ke lingkungan oleh usaha pertambangan, pembakaran batu bara, atau oleh limbah produk-produk yang mengandung merkuri. Merkuri sangat beracun.Ketika merkuri yang menumpuk di sungai, danau, dan aliran air bercampur dengan tanaman yang membusuk, akan jadi bentuk yang lebih beracun yang disebut metil merkuri. Meski dalam jumlah sangat sedikit merkuri dapat meracuni semua ikan di dalam kolam atau sungai. Metil merkuri di lingkungan akan tetap bersifat racun selama berabad-abad.


Masalah Kesehatan Karena Merkuri
Menghirup atau menyerap merkuri dalam jumlah yang sangat sedikit dapat merusak syaraf, ginjal, paru-paru, dan otak dan bayi yang lahir cacat. Masalah kesehatan ini membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum dapat terlihat.

Keracunan Merkuri Ringan
menyebabkan kesemutan di bibir, lidah, jari-jari, dan gemetar pada tangan dan kaki. Dalam beberapa kasus tanda-tanda ini akan terasa lama sesudah terpapar.Keracunan Merkuri yang Tergolong Berat menyebabkan sakit kepala, pikun, masalah dalam koordinasi gerak dan penglihatan, pusing, rasa logam di dalam mulut, kejang otot, sendi dan otot kaku dan sakit, berdebar-debar, dan denyut nadi sangat lemah atau sangat kuat.Logam berat bergerak melalui udara, masuk ke dalam air, tubuh ikan, tanah, dan tanaman,
serta ke dalam tubuh kita.

Merkuri yang terpapar pada laki-laki
menyebabkan hilangnya kemampuan hubungan kelamin, dan sterilitas (mandul).

Merkuri yang terpapar pada perempuan
menyebabkan terhambatnya datang bulan dan dapat membuat anak-anaknya dikemudian hari ada masalah dalam pertumbuhan mereka.

Bagi wanita hamil
merkuri dalam jumlah sedikit saja akan menyebabkan masalah perkembangan pada bayi-bayi mereka

Merkuri di dalam ikan
Metil merkuri tertimbun di dalam tubuh ikan, binatang dan manusia. Ikan yang hidup di dalam air yang polusi berbahaya untuk dimakan meski airnya sendiri dapat digunakan untuk mandi atau berenang.Merkuri dalam jumlah sedikit yang masuk ke dalam tubuh tidak berbahaya. Jika kita berhenti makan makanan yang mengandung merkuri tubuh kita akan mulai membuang merkuri yang tertimbun. Tetapi bila kita menelan merkuri lebih banyak daripada yang dapat dibuang oleh tubuh, merkuri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.Ikan adalah makanan sehat, kaya protein. Ikan seringkali disebut “makanan untuk otak” karena mengandung lemak yang baik untuk otak. Ikan menjadi bagian dari menu tradisional bagi banyak orang. Tetapi bila ikan ditangkap dari perairan yang tercemar buangan usaha pertambangan atau tempat pembuangan merkuri, ikan tersebut sangat mungkin mengidap kandungan merkuri yang membahayakan kesehatan .

Ikan dan Makanan Aman
Kita tidak dapat mengetahui apakah seekor ikan mengandung merkuri atau tidak hanya dengan melihat saja karena merkuri tersimpan di dalam daging ikan dan tidak ada cara khusus untuk membersihkan atau memasak ikan guna mencegah paparan merkuri. Beberapa jenis ikan bisa saja mengandung lebih sedikit merkuri di dalam tubuhnya, tergantung dari kebiasaan makan sehingga lebih aman untuk dimakan manusia. Jika Anda tinggal di daerah buangan usaha pertambangan,

lebih berbahaya bila Anda makan :
• Ikan yang lebih besar dan lebih tua.
• Ikan yang makan di dasar air, seperti ikan lele dan ikan mas.
• Hanya ikan sebagai makanan utama.
• Isi perut ikan, terutama hati.

lebih aman bila Anda makan :
• Ikan yang lebih kecil, lebih muda dan ikan pemakan serangga.
• Kurangi ikan. Daging, ayam, nasi dengan kacang-kacangan, telur, susu, dan keju adalah sumber protein lain yang baik.
• Ikan yang dimakan bersama dengan makanan lainnya seperti nasi atau kentang. Menu ini tidak akan mengurangi jumlah merkuri di dalam ikan tetapi akan mengurangi jumlah ikan yang Anda makan.

1 komentar:

  1. bagaimana lambang merkuri menurut john dalton?

    BalasHapus