Rabu, 08 Juli 2009

Betapa Luas dan Mendasarnya Ilmu Kimia!

Kimia Untuk anak-anak? Kimia adalah ilmu yang mempelajari zat dan perubahan-perubahannya yang menyertai zat tersebut. Semua yang ada di Bumi, apa yang ada di tata surya kita, semua yang terdapat di galaksi, dan setiap yang ada di alam ini terbuat dari zat. Kata-kata di atas diambil dari sebuah situs untuk anak-anak: http://www.chem4kids.com yang memuat masalah-masalah mendasar di bidang ilmu kimia yang ditujukan untuk anak-anak.

Betapa luas dan mendasarnya ilmu kimia!

Adalah sangat menggelikan apabila kita sering mendengar terjadinya kesalahpahaman tentang ilmu kimia bahkan untuk hal yang mendasar sekalipun. "Dijual: produk bla-bla-bla yang bebas bahan kimia", padahal pada kenyataannya produk tersebut juga mengandung bahan kimia yang merupakan komponen dasar kehidupan yaitu air yang dalam bahasa kimianya disebut H2O.

Kimia dihubungkan dengan segala sesuatu yang mengerikan, merusak, dan berbahaya. Hal-hal positif mengenai ilmu kimia telah dilupakan masyarakat. Ilmu kimia memang penting untuk dipelajari sejak kanak-kanak. Selain dapat membangun kemampuan analitis anak-anak, juga dapat memberikan bekal yang sangat mendasar tentang proses yang terjadi di alam ini.

Selain itu, situs ini ingin melakukan pendekatan interaktif dan menarik dalam mempelajari ilmu kimia. Dan memang pada kenyataannya metode permainan dan hiburan cocok diterapkan pada anak karena sesuai dengan dunia anak-anak yang penuh warna.

Selain itu dengan mempelajari ilmu kimia sejak dini, diharapkan agar anak dapat memahami proses-proses kimia sederhana sehingga dapat menghindari aspek-aspek bahaya dari ilmu kimia jika ternyata ada di sekitar mereka.

Sebagai contoh adalah banyaknya zat-zat kimia di sekitar rumah kita. Dalam ilmu kimia juga terdapat senyawa-senyawa kimia yang berwarna-warni sehingga dapat merangsang imajinasi anak, mengundang kreativitas dalam diri si anak agar dapat muncul ke permukaan dan menyatu dalam jiwa dan perkembangan anak.

Permainan-permainan analitis dan imajinatif dalam ilmu kimia dapat merangsang daya konstruktif anak dengan mempelajari ilmu kimia. Banyak hal positif yang dapat digali dari dalam jiwa anak-anak dengan mempelajari ilmu kimia sejak dini.

Memang seperti itulah yang terjadi pada anak-anak yang mempelajari hal-hal yang mendasar. Dan ketika pada usia anak mencapai usia di mana secara formal ia harus mempelajari ilmu kimia, anak tersebut telah memiliki memori tentng ilmu kimia yang telah ditanamkan sejak kecil. Hal ini secara umum dapat mempermudah ia dalam mempelajari ilmu kimia nantinya.

Masalah kesehatan anak juga dapat tertolong sejak dini dengan mempelajari ilmu kimia. Ilmu kimia juga mengandung pengetahuan tentang proses-proses biokimia dalam tubuh. Ilmu kimia sejak dini merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar