Minggu, 05 Juli 2009

Cara Membuat Etanol

Dengan harga minyak yang terus melonjak, membuat orang berlomba - lomba mencari energi alternatif. Etanol merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang gencar digalakan belakangan ini.

Etanol atau yang lebih dikenal dengan alkohol merupakan senyawa hidrokarbon berupa gugus hydroxyl (-OH) dengan 2 atom karbon (C), dengan rumus kimia C2H5OH.

Bahan - bahan untuk membuat etanol merupakan hasil rekayasa tanaman melalui proses enzimatik dan fermentasi. Tanaman yang bisa untuk membuat bioetanol adalah. Bahan berpati seperti ubi kayu, ubi jalar, jagung, dll. Bahan bergula seperti molases (tetes tebu), nira tebu, nira kelapa, dll. Bahan berselulosa seperti, limbah kayu, jerami padi, batang pisang, dll.

Langkah - langkah dalam proses pembuatan etanol (sampai menjadi bahan bakar) secara garis besar ada tiga macam yaitu. Proses fermentasi, destilasi, dan dehidrasi.

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum, fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik, akan tetapi, terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal. (kandungan etanol 7-9% untuk bahan dari ubi kayu)

Destilasi merupakan proses pembuangan air dari dalam etanol yang kadar airnya masih tinggi. Prinsip dasar dari proses destilasi adalah memisahkan dua buah campuran cairan (dalam hal ini etanol dan air) dengan memanfaatkan perbedaan titik didih dari kedua zat cair tersebut. Etanol yang titik didihnya lebih rendah (80 derajat) dari air (100 derajat) akan diuapkan dengan jalan memanaskanya. Air akan tinggal dan etanol akan menguap, uap etanol ini dijadikan cairan lagi dengan cara mendinginkanany. Dalam proses destilasi ini kadar etanol sampai 96%.

Proses dehidrasi merupkan proses untuk membuang air sampai menjadi 99,5%. etanol 99,5% ini yang bisa digunakan untuk menjadi bahan bakar energi alternatif. Proses dehidrasi ini ada tiga macam yaitu proses azeotropic distillation, molecular sieve dan membran pervoration.

4 komentar:

  1. Halo Pak. Dodi,

    Smoga Bpk dpt keadaan sehat walafiat,
    Pak, Sy Marleno, apakah spirtus yg berwarna biru yg dijual dipasaran dalam kemasan bungkusan platik itu ada kadar methanol? kalau ada brp persen?, sy baru pesan methanol drum dan ternyata setelah dipakai hasil campurannya jd mengumpal seperti kue, dan tidak bisa dipakai utk campuran shellac, kalau spirtus biru biasa yg dijual di toko hasilnya bagus. ini kenapa bisa jadi demikian?, Trimakssih Pak atas infonya.

    salam

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak Marleno,Saya coba menjawab. Spiritus adalah nama umum untuk methanol, salah satu turunan alkohol dengan jumlah 1 atom C dengan struktur CH3OH, sementara yang disebut alkohol adalah turunan dengan 2 atom C yaitu C2H5OH yang memiliki nama lain ethanol.Pada "keadaan atmosfer" ia berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas (berbau lebih ringan daripada etanol). Ia digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol industri.Jadi Spritus adalah Metanol. Kalo diliat dari kasusnya bapak, kemungkinan spritus dalam drum tersebut telah terkontaminasi oleh zat kimia lain. Bisa jadi bukan spritus murni. Hal ini bisa diliat dari hasil campurannya Dibandingkan dengan spritus kemasan plastik. Itu jawaban dari saya. semoga ada manfaatnya

    BalasHapus
  3. selamat pagi pak dody catur dan semua.Saya sumirat dari PT.KARYA INDO SAKTI selaku marketing di bidang MOLECULAR SIEVE , Kami memiliki READY STOCK molecular sieve SANGAT BANYAK khususnya TYPE 13 X APG (ada 62 ton) bentuk clyndrical/pellet/batang size 1/16 " DAN 4 A DG (ada 13 Ton) bentuk Beads/Spherical/biji lada size 1/8" ,bila ada kebutuhan MOLECULAR SIEVE silahkan hubungi saya/bisa tolong dibantu di recomend ke : SUMIRAT office:021-6265656 (hunting) HP:085697685374 atau email : sumirat@kalindoenergy.com TERIMA KASIH atas perhatiannya.

    BalasHapus
  4. selamat pagi pak dody catur dan semua.Saya sumirat dari PT.KARYA INDO SAKTI selaku marketing di bidang MOLECULAR SIEVE , Kami memiliki READY STOCK molecular sieve SANGAT BANYAK khususnya TYPE 13 X APG (ada 62 ton) bentuk clyndrical/pellet/batang size 1/16 " DAN 4 A DG (ada 13 Ton) bentuk Beads/Spherical/biji lada size 1/8" ,bila ada kebutuhan MOLECULAR SIEVE silahkan hubungi saya/bisa tolong dibantu di recomend ke : SUMIRAT office:021-6265656 (hunting) HP:085697685374 atau email : sumirat@kalindoenergy.com TERIMA KASIH atas perhatiannya.

    BalasHapus