Minggu, 12 Juli 2009

Ingin Melihat Tabel Periodik Lewat Video??

Kalau judul di atas membuat anda penasaran dan bingung, saya pun demikian pada awalnya. Tetapi bagi yang sedang mencari cara mengajarkan tabel periodik unsur kepada murid, siswa, atau mahasiswa, tabel periodik video adalah alternatif yang menarik.

Dikemas dalam bentuk video-video pendek, tabel periodik ini serupa dengan tabel periodik unsur. Informasi yang diberikan juga tidak akan beda dengan yang ada di buku-buku teks. Malah ada kelebihan yaitu gambaran audio visual tentang unsur-unsur yang barangkali tidak pernah kita lihat seumur hidup. Tentu hal ini sangat berguna karena pasti amat sedikit di antara kita yang mahasiswa Kimia sekalipun yang pernah melihat unsur-unsur golongan Lantanida, misalnya, atau unsur-unsur buatan lainnya. Keuntungan lain, video ini bisa menghemat biaya terutama bila eksperimen-eksperimen untuk memeragakan sifat-sifat unsur tertentu membutuhkan biaya mahal dan mengandung risiko bahaya yang besar.

Nah, kehadiran tabel periodik video ini yang disebarluaskan via internet ini membantu kita memahami unsur-unsur itu secara lebih baik. Tentunya karena kita tak cuma disuguhkan data-data tertulis saja, melainkan ilustrasi dalam bentuk audio dan visual.

Tabel Periodik Video ini dibuat oleh The University of Nottingham, Inggris. Isinya tentang gambaran singkat sifat kimia dan fisika dari unsur-unsur dalam tabel periodik. Tiap unsur digambarkan dalam satu klip video. Penggambaran itu bisa berupa eksperimen di laboratorium atau fenomena langsung dari alam. Menurut situs resminya http://www.periodicvideos.com, sejak diluncurkan vide0-video itu sudah dilihat sebanyak 5,4 juta kali.

Video yang pembuatannya dipimpin oleh Profesor Martyn Paliakoff dan dibantu jurnalis video dari BBC ini salah satunya sudah dirilis dalam dengan subtitle bahasa Indonesia. Versi bahasa Indonesia ini sudah bisa dilihat di Youtube di sini.

Situs periodicvideos sendiri dibuat dengan gambar struktur Tabel Periodik Unsur-unsur. Dari setiap unsur, bila diklik, akan muncul klik video tentang unsur bersangkutan. Penasaran? Lihat saja selengkapnya di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar