Rabu, 01 Juli 2009

soal koloid

Suatu sistem koloid, partikelnya bersifat antara lain:
a. memiliki diameter < 0,1 mµ;
b. cepat mengendap jika didiamkan;
c. dapat menyala jika ke dalamnya dialiri arus listrik;
d. dapat terlihat jelas dengan mikroskop ultra tetapi tidak tampak dengan mikroskop biasa;
e.tidak dapat terpisah dengan penyaring biasa tetapi dapat terpisah dengan penyaring ultra.

[2]. Di antara zat berikut ini yang bukan merupakan sistem koloid ialah: a. mentega; b. air laut; c. mutiara; d. kaca warna; e. santan.

[3]. Sistem koloid yang pelarutnya aseton, bersifat sangat stabil, dapat digolongkan sebagai: a. liofil-gel; b.hidrofil; c. liofob-gel; d. liofob-sol; e.hidrofob.

[4]. Jika bubuk agar-agar diberi air lalu dimasak, maka setelahdingin akan terjadi sistem koloid yang berdasarkan jenis wujud zat terdispersi dan pendispersinya dapat digolongkan sebagai: a. gel; b. emulsi padat; c. sol; d.hidrosol; e. suspensi.

[5]. Berdasarkan sifat kelarutan zat terdispersi dalam zat pendispersinya maka sistem koloid yang terjadi dari agar-agar dengan air yang telah dimasak dan didinginkan, tergolong sebagai: a. gel; b. sol; c. hidrosol; d. liofob; e.emulsi padat.

[6]. Contoh emulsi padat antara lain adalah: a. asap dariknalpot bis; b. debu; c. karbon aktif atau norit; d. keju dan mutiara; e. tinta dan cat.

[7]. Nama koloid yang terjadi dari fase terdispersi gas dengan fase pendispersi cair adalah: a. buih atau busa; b.awan dan kabut; c. asap; d. emulsi; e. aerosol.

[8]. Diketahui belerang tidak dapat larut dalam air, sedikit larut dalam alkohol, dan agak larut dalam belerang disulfida. Supaya terjadi sistem koloid maka belerang itu harus dimasukkanke dalam: a. belerang disulfida atau alkohol (kondensasi fisika); b. belerang disulfida atau alkohol (kondensasi kimia); c. air (kondensasi fisika); d. air (kondensasi kimia); e. air dan diberi emulgator (emulsi padat).

[9]. Alum yaitu Al2(SO4)3.18H2O, di dalam air akan terhidrolisis membentuk sistem koloid yang dapat mengadsorpsi partikel halus atau ion-ion di sekitarnya, sehingga: a. partikel koloid akan bermuatan positif karena cenderung mengikat ion OH-; b. partikel kolid akan bermuatan positif karena cenderung mengikat ion H+ ; c.partikel koloid akan bermuatan negatif karena cenderung mengikat ion OH-; d. partikel koloid akan bermuatan negatif karena cenderung mengikat ion H+; e. partikel koloid akan tidak bermuatan karena cenderung mengikat molekul air.

[10]. Pembuatan sol perak dari reaksi Ag+ dan Fe2+menjadi Ag dan Fe3+ merupakan cara pembuatan sistem koloid: a. dispersi; b. dispersi, kimia; c.kondensasi, hidrolisis; d. kondensasi, redoks; e.kondensasi, fisika.

[11]. Pembuatan sol emas dalam air dapat dilakukan secara berikut yaitu:
a. kondensasi-redoks; b. dispersi-busur Bredig; c. dispersi-mekanis; d. jawaban a dan b benar; e.jawaban a, b, dan c benar.

[12]. Diketahui bahwa air tidak dapat bercampur dengan minyak,tetapi jika diberi sabun secukupnya maka akan terjadi: a.suspensi (sabun sebagai koloid pelindung); b. suspensi(sabun sebagai emulgator); c. emulsi (sabun sebagai koloid pelindung); d. emulsi (sabun sebagai emulgator); e.emulsi padat (sabun sebagai koloid pelindung atau emulgator).

[13]. Contoh pembuatan sistem koloid secara dispersi-peptisasi antara lain ialah: a. susu dan Scott's Emulsion (minyak ikan);b. intan hitam dan beberapa jenis mutiara; c. cat kayu atau cat tembok; d. cat semprot (Pylox); e.hair spray.

[14]. Peristiwa koagulasi dapat terjadi sebagai berikut, kecuali:a. dua macam koloid bermuatan berlawanan dicampurkan; b.ke dalam sistem koloid ditambahkan fase pendispersinya secara berlebihan; c. ke dalam sistem koloid ditambahkan fase terdispersinya secara belebihan; d. ke dalam sistem koloid dimasukkan suatu elektrolit; e. sistem koloid dipanaskan;

[15]. Koloid pelindung adalah merupakan: a. zat (berupa koloid) untuk mencegah koagulasi suatu koloid lain; b.zat (bukan koloid) untuk mencegah koagulasi suatu koloid ; c. zat (berupa koloid) untuk membuat emulsi; d. zat(bukan koloid) untuk membuat emulsi; e. zat penolong (berupa koloid) untuk membuat emulsi.

ESSAY
1. Jelaskan terjadinya gerak Brown pada sistem koloid ! Buat gambarnya!
2. Jelaskan terjadinya efek Tyndall pada sistem koloid ! Buatgambarnya !
3. Apakah yang dimaksud dengan elektroforesis ! Buat gambarnya!
4. Apakah yang dimaksud denngan dialisis ! Buat gambarnya !
5. Apakah kegunaan pesawat Cotrell ! Buat gambarnya !
6. Jelaskan cara pembuatan koloid dengan busur Bredig ! Buat gambarnya!

1 komentar: