Minggu, 02 Agustus 2009

Unsur, Senyawa, Campuran ,Larutan, Koloid dan Suspensi)

Zat / Materi / benda adalah segala sesuatu yang mempunyai masa dan menempati ruang. Misalnya kursi, jika ditimbang mempunyai masa, dan juga membutuhkan tempat atau ruang untuk meletakkannya, maka kursi termasuk materi atau zat. Melihat keanekaragaman benda yang ada di sekitar kita rasanya tidak mungkin untuk mengelompokkan setiap benda di bumi menjadi kelompok-kelompok yang lebih sederhana. Tapi ilmu pengetahuan alam terutama kimia dapat meringkas semua benda yang ada di dunia menjadi beberapa kelompok sederhana. Benda atau materi yang ada di bumi secara sederhana dapat dibedakan menjadi :

  • Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang terdiri dari satu jenis partikel / atom yang tidak dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Di dunia ada 114 unsur yang sudah ditemukan yang dapat kita lihat pada Tabel Periodik Unsur-Unsur. Beberapa contoh unsur adalah Aluminium (Al), Argon (Ar), Oksigen (O), Hidrogen (H), Karbon (C) dan lain-lain.
  • Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri dari susunan beberapa partikel unsur / atom. Massa unsur-unsur partikel penyusun senyawa memiliki perbandingan tetap. Unsur-unsur penyusun senyawa tidak dapat dipisahkan dengan reaksi kimia biasa. Senyawa di dunia terdapat sangat banyak bahkan tak terhingga. Beberapa contoh senyawa adalah Air (H2O), Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), Asam Lambung (HCl), Freon (CFC), dan masih banyak lagi.
  • Campuran

Campuran adalah zat yang terdiri dari beberapa zat penyusun dan masih dapat dipisahkan dengan reaksi kimia biasa. Partikel-partikel campuran dapat dipisahkan. Ada beberapa metode pemisahan campuran seperti penguapan, penyaringan, sublimasi, destilasi dan lain-lain. Secara sederhana campuran juga dibedakan menjadi 3 yakni

a. Larutan

Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Ukuran partikel larutan sangat kecil, kurang dari 1 nm, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan microskop ultra sekalipun. dan tidak dapat dibedakan antara zat terlarut dan medium pelarutnya. Contoh larutan gula, kita tidak bisa membedakan mana gula mana air dalam larutan gula. Beberapa contoh larutan adalah larutan garam, larutan asam basa dan lain-lain.

b. Koloid

Koloid adalah campuran yang terdiri dari partikel terdispersi dan pertikel pendispersi. Ukuran partikel koloid terletak antara 1 nm - 100 nm. Partikel koloid dapat dipisahkan dengan menggunakan penyaring ultra. Koloid memiliki beberapa sifat yang khas yang akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Beberapa contoh koloid adalah susu, buih, santan, agar-agar, mutiara, gelas berwarna dan masih banyak lagi.

c. Suspensi

Suspensi adalah campuran yang ukuran partikelnya lebih dari 100 nm. Beberapa contoh campuran adalah es cendol, campuran batu kali dengan pasir dan lain-lain.

1 komentar: