Sabtu, 03 Oktober 2009

Efek Positif Coklat

Efek positif coklat

Meningkatkan kolestrol baik
Menjauhkan diri dari coklat karena kolestrolnya yang tinggi adalah sia-sia saja. Coklat mengandung banyak lemak lemak kakao, tapi sebenarnya lemak tersebut adalah lemak yang ‘baik’, yakni asam lemak tak jenuh, yang mudah diserap tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan J. Marsu, seseorang yang mengkonsumsi 75 gram coklat dark sehari akan mengalami kenaikkan HDL (kolestrol baik) sebesar 11,4%, sementara kolestrol ‘jahat’ LDL turun 11,9%.

Melindungi sistem kardiovaskular
Coklat bukan sekedar makanan yang tinggi lemak, tinggi gula, tinggi kalori seperti makanan lainnya. Coklat benar-benar mengandung substansi yang baik bagi sistem kardiovaskular, yakni:, yang merupakan bagian dari polyphenols, terutama flavonols, memiliki efek antioksidan dan efek memerangi radikal bebas yang bisa merusak jaringan dan menyebabkan gangguan kardiovaskular.

Tannins, yang merupakan bagian dari polyphenols, terutama flavonols, memiliki efek antioksidan dan efek memerangi radikal bebas yang bisa merusak jaringan dan menyebabkan gangguan kardiovaskular

Vitamin E dan betakaroten yang juga merupakan anti oksidan.
Potasium yang mengurangi tekanan darah
Lemak hypocholesterolemiant yang menurunkan kolestrol, yang terutama ada di coklat dark.

Tidak menaikkan gula darah
Coklat-coklat pada umumnya memiliki indeks glycaemix yang rendah, yakni 22 untuk coklat dark dengan 70% kandungan kakao, 33 untuk selai coklat dan coklat yang mengandung susu, 41-44 untuk coklat batangan, dan 45 untuk coklat putih.

Sebagai perbandingan, indeks glycaemix dari glukosa dan sukrosa (gula putih) adalah 100 dan 65. Coklat tidak membuat gula darah Anda meroket dan membuat Anda berisiko pada penyakit diabetes.

Memberikan Anda energi
Ketika diet Anda nampaknya akan berantakan, Anda bisa membuatnya lebih parah, tapi tidak dengan mengudap coklat. Coklat, karena tinggi karbohidrat dan rendah indeks glycaemix, akan memberikan Anda energi instan untuk mengisi ulang baterai Anda.

Selebihnya, coklat mengandung substansi kafein, theobromine, dan theophylinne, yang memiliki efek stimulasi fisik dan psikologi. Fantastik untuk para olahragawan dan setiap orang yang merasa kehabisan energi.

Menghilangkan stres
Pusat dari komposisi kimiawi coklat yang kompleks adalah bahan-bahan yang meningkatkan semangat Anda, yaitu:

Karbohidrat, fungsinya memberi jalan bagi tryptophan, yang memiliki peran dalam produksi hormon ‘bahagia’ seratonin, yang memiliki efek positif untuk memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan.
Magnesium, fungsinya memberikan efek menenangkan dan memerangi stres.
Phenylethylamine, yang memiliki kemiripan dengan amphetamines dalam bereputasi mengurangi depresi. Konsumsi rutin dari zat ini dapat menolong mengurangi stres.
Membuat Anda bahagia
Memakan coklat membuat kita merasa baik secara fisik dan mental. Sebenarnya coklat memang mengandung bahan-bahan yang berpengaruh positif pada otak, meski begitu, para ahli setuju bahwa belum ada penjelasan logis mengapa mengudap coklat bisa membuat kita bahagia. Jadi, rahasianya hanya terletak pada rasa nyaman dan kepuasan yang kita peroleh setelah merasakan rasa pahit-manis coklat meleleh di lidah kita, di mana perasaan itu membuat tubuh kita memproduksi endorfin yang menyatakan ‘bahagia’

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar