Minggu, 01 Agustus 2010

PRAKTIKUM KIMIA XII TETANG KHASIAT BUNGA ROSELLA

Variasi pengembangan metode pembelajaran yang kreatif terutama pada mata pelajaran kimia telah mendorong terobosan dalam perkembangan pelajaran kimia yang realistik dan memberikan manfaat ekonomis, yang dimaksud dengan manfaat ekonomi disini adalah nilai jual Rosella merah sebagai sebuah produk baik bahan mentah ataupun jadi dalam bentuk makanan seperti teh, selai, sirup sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan ekonom melalui peningkatan pendapatan masyarakat., dalam bab makromolekul rosella mengadung berbagai macam makromolekul sepeti :

Pada 100 g, buah rosella mengandung
49 calories,
84.5% H2O,
1.9 g protein,
0.1 g fat,
12.3 g karbohidrat,
2.3 g serat,
1.2 g abu,
1.72 mg Ca,
57 mg P, 2.9 mg Fe, 300 mg setara b-carotene, dan 14 mg asam ascorbic.

Dalam tiap 100 g kelopak rosella, mengandung :
44 Kalori, 86.2% H2O, 1.6 g protein,O.l g lemak,
11.1 g karbohidrat, 2.5 g serat, 1.0 g abu,
160 mg Ca, 60 mg P, 3.8 mg Fe, 285 mg setara beta carotene,
0.04 mg thiamine, 0.6 mg riboflavin, 0.5 mg niacin, dan 14 mg asam ascorbic
7.6% moisture,
24.0% protein, 22.3% lemak, 15.3% serat, 23.8% N-free extract,
7.0% abu, 0.3% Ca, 0.6% P, dan 0.4% S.

Pada tiap 100 g daun rosella mengandung:
43 Kalori,
85.6% H2O,
3.3 g protein,
0.3 g lemak,
9.2 g karbohidrat,
1.6 g serat,
1.6 g abu,
213 mg Ca, 93 mg P, 4.8 mg Fe, 4135 mg setara beta carotene,
0.17 mg thiamine, 0.45 mg riboflavin, 1.2 mg niacin, and 54 mg asam ascorbic.

Warnanya yang cantik tanpa zat pewarna, rasanya sedikit masam, manis bercampur nikmat alami lagi. Ternyata dibalik kelezatanya, teh merah mempunyai beribu khasiat yang luar biasa banyaknya. Apalagi setelah diadakan beberapa penelitian di lab kimia SMA WH-2 Taman dan hasilnya sungguh mengejutkan, banyak sekali manfaat dan khasiat pada teh merah rosella, yang tidak di temukan pada teh teh yang lain. Hal inilah yang membuat nama teh merah booming di masyarakat, tidak hanya di Indonesia tapi sudah tersebar ke manca negara. Kami memanfaatkan bubuk atau Teh Rosella / Calyx Rosella bermanfaat menurunkan tekanan darah. Mekanisme kerjanya (senyawa aktifnya membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat fiskositas (kekentalan) darah, dengan begitu kerja jantung memompa darahpun semakin ringan dan otomatis tekanan (darah) rendah. Semua itu tak lepas dari peran asam organic polisakarida dan flafonoid yang terkandung di dalamnya.

Tanaman Rosella ( Hibiscus sabdariffa) yang dulu hanya ditanam sebagai penghasil serat dan mulai ditinggalkan, kini kembali populer sejak diketahui banyak manfaat lain yang lebih hebat. Dalam pengolahannya, kelopak bunga Rosella bisa dibuat sari buah, teh herbal, sirup, selai, campuran salad, pudding, asinan, dan aneka minuman segar. Sebagai obat tradisional, Rosella berkhasiat sebagai antiseptic, aprodisiak, pelarut, sedative dan tonik. Tanaman Rosella memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Bunga yang berasal dari India dan Afrika ini mempunyai banyak kelebihan yaitu mengandung kalsium, vitamin C, D, B1, B2, Magnesium, Omega-3, beta-caroten, dan 18 asam amino essensial untuk tubuh, diantaranya lysine dan agrinine. Kandungan vitamin C yang ada pada bunga Rosella 3x lipat dari anggur hitam, 9x lipat dari jeruk citrus dan 10x lipat dari buah belimbing.
Agak berbeda dengan minuman teh yang lain, teh Rosella ini memiliki rasa yang lebih menyerupai rasa sirup yang segar, terlebih jika ditambah gula atau madu. Diharapkan kehadiran teh Rosella ini bisa memberika sajian yang tidak hanya nikmat, tetapi juga menyehatkan serta meningkatkan stamina. Bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin sehingga sangat cocok sebagai sajian sehat istimewa keluarga anda.

Khasiat dari bunga Rosella diantaranya sebagai berikut :

  • Bersifat detoksifikasi, menetralkan racun
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
  • Menghambat tumbuhnya kanker
  • Menjaga stamina
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Menyeimbangkan berat badan
  • Mengurangi panas dalam dan susah BAB
  • Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
  • Mengurangi pusing / migraine
  • Mengandung multivitamin, termasuk vit.C dan Beta karoten
  • Membantu memulihkan dari ketergantungan obat

Sehingga dengan melalui metode praktikum makromolekul rosella, kami dapat memproduksi teh, sirup, dan selai yang dapat di jual dan bermanfaat bagi perkembangan belajar marketing dan produksi siswa kami.

1 komentar: