Sabtu, 12 Februari 2011

Ahmed H. Zewail :Peraih Nobel kimia 1999

Ahmed H. Zewail terserang demam sepanjang akhir pekan. Ketika beliau menerima telepon dari Royal Swedish Acedemy of Sciences, penyakit demamnya mendadak hilang. Siapakah Ahmed H. Zewail?

Ahmed H. Zewail adalah seorang Professor di California Institute of Technology yang mendapatkan hadiah Nobel dalam bidang Femtokimia. Beliau menemukan teknik dan kamera laser untuk memantau pergerakan atom atom dalam reaksi kimia. Kamera ini bekerja pada kecepatan femtodetik, suatu skala kecepatan dimana reaksi reaksi kimia terjadi. 1 Femtodetik adalah 10-15 detik. Penelitian Professor Zewail telah melahirkan cabang baru di bidang kimia yaitu Femtokimia.

Kamera laser hasil penemuan Professor Zewail bekerja dengan memadukan 2 sinar yang dihasilkan molekul molekul dalam sebuah ruang vakum. Laser tersebut kemudian menginjeksikan 2 sinyal. Pertama, sinyal pompa, mengeksitasi molekul ke tingkat energi yamg lebih tinggi.Kedua,sinyal sampel,mendeteksi molekul berdasarkan panjang gelombangnya. Peneliti dapat memvariasikan waktu interval antara dua pulsa untuk menetapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh molekul untuk berpindah.

Sebelum perkembangan femtokimia, kita hanya dapat berteori tentang bagaimana atom atom bertemu dan bergabung. Kamera laser hasil penemuan prof. Zewail memungkinkan para peneliti untuk mengamati reaksi reaksi kimia dalam gerak lambat. Hal ini memungkinkan para ilmuwan tersebut untuk menjawab beberapa pertanyaan penting seperti bagaimana temperatur mempengaruhi reaksi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya suatu reaksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar