Sabtu, 12 Februari 2011

Frederick Sanger , Peraih Nobel kimia 1958

Frederick Sanger dilahirkan pada tanggal 13 Agustus 1918, di Rendcombe, Gloucestershire, Inggris, dan merupakan anak kedua pasangan Frederick Sanger, M.D., seorang praktisi medis, dan istrinya Cicely. Dia belajar di Bryanston School dan St. John’s College, Cambridge, ketika dia mengambil program B.A. dalam bidang ilmu pengetahuan alam pada tahun 1939. Sejak 1940, dia melakukan penelitian di Departemen Biokimia di Cambridge University. Dia konsinten sebagai mahasiswa selama terjadinya perang dunia II dan terus melanjutkan studinya. Dari tahun 1940 sampai 1943, dia bekerja sama dengan A. Neuberger untuk mengkajian metabolisme asam amino lysine dan memperoleh gelar Ph.D. pada tahun 1943. Dari tahun 1944 sampai 1951, dia memperoleh Beit Memorial Fellowship untuk penelitian medis, dan sejak 1951, dia menjadi anggota staf eksternal Medical Research Council. Posisinya yang sekarang adalah Kepala Divisi Kimia Protein di Medical Research Council Laboratory untuk Biologi Molekuler di Cambridge University.

Penelitiannya mengenai penentuan struktur protein dengan mengembangkan metode baru untuk urutan asam amino. Kajian ini menghasilkan penentuan struktur insulin yang yang menghasilkannya dianugerahi Nobel Prize bidang Kimia pada tahun 1958 untuk penelitiannya mengenai struktur protein, terutama insulin tersebut. Sekitar tahun 1960 dia memulai kajian terhadap asam nukleat, RNA dan DNA. Dia mengambangkan metode untuk menentukan urutan kecil pada RNA. Penelitiannya mencapai puncaknya pada pengambangan teknik "dideoxy" untuk pengurutan DNA sekitar tahun 1975. Ini merupakan metode yang relatif cepat dan banyak digunakan untuk menentukan urutan DNA bakteriofage φx 174 dari 5375 nuleotida, DNA mitokondria manuasia (16.338 nukleotida) dan bakteriofag λ (48.500 nukleotida). Metode ini kemudian ditingkatkan pada genom manusia yang lain (3 juta nukleotida). Untuk penelitiannya ini, dia berbagi Nobel Prize bidang Kimia yang kedua baginya bersama Walter Gilbert untuk kontribusinya mengenai penentuan urutan basa dalam asam nukleat.

Singer Institute dibentuk pada tahun 1992 untuk memfokuskan diri pada pemetaan, pengurutan dam pengkodean genom manusia dan genom organisme yang lainnya. Wellcome Trust Sanger Institute didirikan pada tahun 1993 oleh Wellcome Trust dan UK Medical Research Council (MRC) di Hinxton Hall, sekitar 9 mil sebelah utara Cambridge. Wellcome Trust Sanger Institute adalah lembaga non-profit yang dibuat untuk penelitian biomedis. Dia dianugerahi Corday-Morgan Medal dan Prize of the Chemical Society pada tahun 1951. Pada tahun 1954, dia menjadi penerima Fellow of the Royal Society dan Fellow of King’s College, Cambridge. Dia juga merupakan anggota asing kehormatan American Academy of Arts and Sciences dan American Society of Biological Chemists. Dia juga anggota Academies of Science of Argentina and Brazil, anggota kehormatan Japanese Biochemical Society, dan Corresponding Member of the Association Qulmica Argentina. Pada tahun 1979, dia memperoleh Albert Lasker Basic Medical Research Award.

Pada tahun 1940, dia menikahi Margaret Joan Howe, dan mereka memiliki dua putra dan seorang putri dan dia pensiun pada tahun 1983.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar