Sabtu, 12 Februari 2011

Georg Wittig, Peraih Nobel Kimia pada tahun 1979

Georg Wittig, Pemenang Nobel Kimia pada tahun 1979 ini, dilahirkan di Berlin pada tahun 1897. Lulusan Doktorat dan Tesis Pengajar Universitas di Marburg/Lahn dari fakultas Kimia. Kepala Departemen Braunschweig (Kampus Tekhnik) dari tahun 1932; Rekanan Profesor di Freiburg/Brsg. dari tahun 1937; Profesor dan Direktur Fakultas di Institut Kimia, Tubingen, dari tahun 1944; turun ke posisi yang sama sebagai pengganti H. Staudinger di Freiburg/Brsg.; diterima di posisi yang sama di Heidelber sebagai pengganti K. Freudenberg, Profesor Emeritus sejak tahun 1967.

Aktivitas Ilmiah

Menulis buku teks mengenai stereokimia, pada tahun 1930. Menulis paper mengenai tegangan cincin dan ikatan ganda sebagai tautomerisme valensi. Melakukan penelitian pada reaksi organik pada logam alkali dan perluasan bahasan kimia senyawa berdasar karbon. Menemukan reaksi pertukaran halogen logam (secara berkesinambungan dengan H. Gilman). Mengembangkan ilmu kimia ylide dan bersamaan dengan itu, juga mempelajari penyusunan ulang Stevens dan Sommelet seperti isomerisasi intra-anionik eter. Melalui sintesis turunan pentaaril dari unsur grup 5, ylide (molekul dipolar netral, bermuatan positif dan negatif pada atom yang berdekatan) fosfor juga ditemukan dan pada tahun 1953, juga ditemukan karbonilolefin yang diketahui sangat penting pada pembuatan tekstil sintetis dan proses industri penting lainnya.

Pada tahun 1942, diketahui bahwa senyawa dehidrobenzol adalah hasil samping reaksi yang bersifat tidak lama, terbukti lewat percobaan menggunakan pewarna. Pada tahun 1953, D. Roberts dan Wittig, yang sekarang dibuktikan dengan instrumen yang berbeda, melakukan percobaan yang terjadi seperti pada reaksi Diels-Alder . Perkembangan terbaru saya adalah pengembangan konsep senyawa kompleks berakhiran “-at” sebagai kompleks anion yang mengarah pada pengembangan ilmu kimia baru yang akhirnya menghasilkan natrium tetra fenilborat.

Gelar Kehormatan

Mendapat doktoral kehormatan dari Universitas Sorbonne pada tahun 1957; Doktoral kehormatan dari Universitas Tübingen dan Hamburg pada tahun 1962; Medali Memorial Adolf von Baeyer dari Himpunan Kimia Jerman pada tahun 1953; Medali Perak dari Universitas Helsinki pada tahun 1957; Penghargaan Dannie Heinemann dari Akademi Sains Göttingen pada tahun 1965; Penghargaan Otto Hahn untuk kimia dan Fisika pada tahun 1967; Medali Paul Karrer dari Universitas Zurich pada tahun 1972; Médaille de la Chaire Bruylants (dari Universitas Louvain) pada tahun 1972; Penghargaan Roger Awards dari Himpunan Kimia Amerika pada tahun 1973; Hadiah Karl Ziegler pada tahun 1975; Anggota Kehormatan Himpunan Kimia Swiss pada tahun 1963; Anggota Kehhormatan Akademi Sains New York pada tahun 1965; Anggota Himpunan Kimia Peru juga pada tahun 1965; Penerima beasiswa Himpunan Kimia (London) pada tahun 1967; Anggota Akademi Perancis pada tahun 1971; Anggota Himpunan Sains Kedokteran di Córdoba (Argentina) pada tahun 1976. Pada waktu yang sama, juga menjadi anggota beberapa akademi Jerman, seperti: Akademi Sains Jerman, Akademi Sains Heidelberg, Akademi Ilmu Sains Alam Leopodina Halle Jerman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar