Sabtu, 12 Februari 2011

Harold Clayton Urey, Peraih Nobel Kimia Tahun 1934

Harold Clayton Urey, Peraih Hadiah Nobel Kimia Tahun 1934, dilahirkan di Walkerton, Indiana, pada tanggal 29 April 1893, sebagai anak dari Rev. Samuel Clayton dan Cora Rebecca Reinoehl, dan juga sebagai seorang cucu tokoh pionir yang menetap di Indiana. Pendidikan awalnya di sekolah pedalaman yang mengarahkannya untuk lulus dari SMU pada tahun 1911 setelah ia mengajar selama tiga tahun di sekolah pedesaan. Pada tahun 1914, ia masuk Universitas Montana dan menerima gelar Bachelor of Science dalam Zoologi pada tahun 1917. Ia menghabiskan dua tahun penelitian sebagai ahli kimia peneliti di industri sebelum kembali ke Montana sebagai pengajar Ilmu Kimia. Pada tahun 1921, ia masuk ke Universitas California untuk bekerja di bawah pengawasan Profesor Lewis dan ia mendapat penghargaan gelar Ph.D. Ilmu Kimia pada tahun 1923. Ia menghabiskan tahun berikutnya di Kopenhagen di Institut Niehls Bohr untuk Fisika Teoretis sebagai penerima Beasiswa Yayasan Amerika-Skandinavia, dan sekembalinya ke Amerika Serikat ia menjadi Rekanan dalam ilmu kimia di Universitas Johns Hopkins. Pada tahun 1929, ia ditunjuk sebagai Profesor Rekanan dalam ilmu kimia di Universitas Columbia, dan menjadi Profesor pada tahun 1934; selama periode 1940-1945, ia juga menjadi Direktur Penelitian Perang, Proyek Bom Atom, universitas Columbia. Ia lalu pindah ke Institut untuk Studi Nuklir, Universitas Chicago pada tahun 1945 sebagai Profesor Kimia terkenal dan menjadi Profesor Martin A. Ryerson pada tahun 1952. Ia adalah Profesor Tamu George Eastman, universitas Oxford selama periode 1956-1957 dan pada tahun 1958, ia mengambil jabatan yang dipegangnya sekarang yaitu Profesor-at-Large, universitas California.

Penelitian awal Profesor Urey adalah mengenai entropi gas diatomik dan permasalahan struktur atom, spektrum absorpsi dan struktur molekul. Pada tahun 1931, ia memikirkan metode untuk pemekatan segala isotop hidrogen bermassa berat dengan penyulingan bertingkat hidrogen cair: hal ini mengarah pada penemuan deuterium. Bersama dengan Dr. E.W. Washburn, ia mengembangkan metode elektrolitik untuk pemisahan isotop hidrogen dan ia melakukan penelitian menyeluruh pada sifat-sifatnya, khususnya tekanan uap hidrogen dan deuterium, dan kontanta kesetimbangan reaksi pertukaran. Selanjutnya ia meneliti isotop uranium dan pada kondisi sekarang, ia terfokus pada pengukuran paleotemperatures, penyelidikan sumber terbentuknya planet, dan permasalahan kimia pada pembentukan planet bumi.

Ia adalah penulis buku Atoms, Molecules and Quanta (1930, dengan A.E. Ruark), dan The Planets (1952). Ia adalah seorang editor Jurnal Fisika Kimia selama 1933-1940 dan ia telah menulis sejumlah paper tentang struktur atom dan molekul, penemuan hidrogen berat dan sifat-sifatnya, pemisahan isotop, pengukuran paleotemperature dan awal pembentukan planet. Semuanya telah dipublikasikan dalam banyak jurnal kimia yang berbeda.

Profesor Urey menerima medali Willard Gibbs (Himpunan Kimia Amerika) pada tahun 1934, Medali davy (Royal Society London) pada tahun 1940; Medali Franklin pada tahun 1943; medali untuk Kasanya pada tahun 1946; Penghargaan Cordoza pada tahun 1954; Penghargaan Honor Scroll (Institut Ahli Kimia Amerika) pada tahun 1954; Penghargaan joseph Priestley pada tahun 1955; Penghargaan Alexander Hamilton pada tahun 1961; dan Penghargaan J. Lawrence Smith (Akademi Sains Nasional) pada tahun 1962. Ia menerima gelar Doktor Sains kehormatan dari Montana, Princeton, Newark, Columbia, Oxford, Washington dan Lee, McMaster, Yale, Indiana, Universitas Birmingham, Universitas Athena, Durham dan Saskatchewan; juga gelar Doktor Hukkum kehormatan dan Universitas Wayne dan Universitas California. Ia adalah anggota dalam organisasi ilmiah yang penting di dunia, dan juga penerima beasiswa kehormatan Himpunan Kimia di London, Institut Sains Nasional India dan Institut Sains Weizmann di Israel.

Pada tahun 1926, ia menikah dengan Freida Daum. Mereka memiliki tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki.

Harold C. Urey meninggal pada tanggal 5 Januari 1981.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar