Sabtu, 12 Februari 2011

John Cowdery Kendrew, Peraih Nobel Kimia 1962

John Cowdery Kendrew, Pemenang Hadiah Nobel Kimia 1962, dilahirkan pada tanggal 24 Maret 1917 di Oxford. Ayahnya, Wifrid George Kendrew, seorang penilai naskah di Klimatologi di Universitas Oxford; Ibunya, Evelyn May Graham (Sandberg) Kendrew, adalah seorang ahli sejarah seni, tinggal cukup lama di Florence, Italia, di mana ia mempublikasikan penelitian tentang orang primitf Italia di bawah nom de plume Evelyn Sandberg Vavals.

John Kendrew dididik di Sekolah Dragon, Oxford (1923-1930) dan kampus Clifton, Bristol (1930-1936), dan pergi ke Kampus Trinity, Cambridge pada tahun 1936 sebagai sarjana. Ia lulus dalam bidang kimia pada tahun 1939, dan menghabiskan beberapa bulan perang, melakukan penelitian tentang kinetika reaksi di Departemen Kimia Cambridge di bawah pengawasan Dr. E.E. Moelwyn-Hughes. Ia lalu menjadi anggota Perusahaan Penelitian Kementrian Udara (dikenal sebagai Perusahaan Penelitian Telekomunikasi) dan mengerjakan radar. Pada tahun 1940, ia bergabung dengan staf Sir Robert Watson-Watt (Penasehat ilmiah untuk Kementerian Udara) dan selama perang, terikat dengan penelitian operasional di markas Angkatan Udara Kerajaan, khususnya pada Komando daerah pantai, Timur Tengah, dan Asia Tenggara (di mana ia adalah Penasehat Ilmiah untuk Komandan Kepala Udara Sekutu); ia mendapatkan peringkat kehormatan komandan Wing R.A.F.

Selama terjadi peperangan, ketertarikannya lebih kepada biologi dan terutama karena pengaruh J.D. Bernal dan L. Pauling,, ia memutuskan untuk meneliti protein. Ia kembali ke Cambridge pada tahun 1946 dan Laboratorium Cavendish, memulai kerja sama dengan Max Perutz, di bawah bimbingan Sir Lawrence Bragg. Ia mendapatkan Ph.D. pada tahun 1949 dan Sc.D. pada tahun 1962. Dia dan Perutz adalah dua anggota Dewan Penelitian Kedokteran pertama di Laboratorium Cavendish, yang sekarang sudah terpisah sebagai Laboratorium Biologi Molekular Dewan Penelitian Kedokteran; ia adalah Deputi Direktur dari pendiri lembaga tersebut, dan sekarang adalah Deputi Ketua, dan selanjutnya Direktur Divisi Studi Struktur.

Ia menjadi Penerima beasiswa Peterhouse pada tahun 1947, Penilai naskah Laboratorium Davy-Faraday Institut Kerajaan di London pada tahun 1954, beasiswa Royal Society (Himpunan Kerajaan) pada tahun 1960, dan anggota kehormatan Himpunan Ahli Kimia Biologi Amerika pada tahun 1962. Sejak tahun 1960, ia telah menjadi Deputi Ketua Penasehat Ilmiah Departemen Pertahanan secara paruh waktu. Ia adalah pendiri dan editor sekaligus ketua Jurnal Biologi Molekular, dan Sekretaris Kehormatan Himpunan Biofisika Inggris. Pada tahun 1962, ia menjadi Rekan Kerajaan Inggris.

Penelitiannya meliputi struktur protein, dan kebanyakan terfokus pada analisis sinar X mioglobin. Proyek ini mencapai puncaknya ketika menghasilkan model tiga dimensi mioglobin pada ukuran resolusi 6 Ã… pada tahun 1957 dan struktur yang hampir lengkap pada tahun 1960.

Kendrew tidak menikah. Hiburannya adalah musik, sejarah seni (mengikuti jejak ibunya khususnya seni Italia), dan bepergian di Italia.

John C. Kendrew wafat pada tanggal 23 Agustus 1997

1 komentar:

  1. nice pak :) meskipun saya IPS tapi saya banyak terinspirasi dari penemu penemu :)

    kunjungi saya ya :) http://friendsmyridiculous.blogspot.com/

    BalasHapus