Sabtu, 12 Februari 2011

Kenichi Fukui, Peraih Nobel Prize 1981

Kenichi Fukui lahir di Nara, Jepang pada tanggal 4 Oktober 1918. Dia merupakan lulusan Departemen Kimia Industri, Kyoto Imperial University tahun 1941. Sampai pada tahun 1943, dia melakukan penelitian mengenai bahan bakar sintetik di Army Fuel Laboratory. Kemudian, dia menjadi dosen di Fuel Chemistry Department, Kyoto Imperial University dari tahun 1951 sampai 1982 dan kemudian menjadi Profesor Emeritus. Dia memperoleh Ph. D. di bidang teknik pada tahun 1948. Pada periode April 1971 sampai Maret 1973, dia menjadi Dekan Fakultas Teknik, Kyoto University. Antara 1982 dan 1988, dia mengabdi sebagai Presiden Kyoto Institute of Technology. Setelah itu dia menjadi Direktur Institute for Fundamental Chemistry.

Dia melakukan penelitian di bidang kimia organik, katalis dan reaksi, dan teori reaksi kimia serta subjek yang berhubungan dengan itu. Penelitian yang lainnya termasuk teori statistik pembentukan gel, sintesis organik melalui garam anorganik, dan kinetika polimerisasi dan katalis. Pada tahun 1952, pekerjaan pertamanya dalam teori reaksi kimia dihasilkan ketika dia menemukan hubungan antara densitas elektron batas (frontier electron density) dan reaktivitas kimia dalam hidrokarbon aromatik yang luas dan semakin luas antara senyawa dan reaksi. Ide dasar sangatlah esensial yaitu memperhatikan pentingnya delokalisasi elektron antara orbital batas (frontier orbital) spesi reaktan. Pendekatan orbital batas dapat dikembangkan ke berbagai arah. Dia tertarik memformulasikan garis edar reaksi kimia yang memberikan informasi pada bentuk geometris reaksi molekul, dan dia membuat aturan orbital batas pada reaksi kimia dengan lebih jelas melalui visualisasi dan gambar. Untuk penelitiannya ini, dia berbagi Nobel Prize bidang kimia pada tahun 1981 bersama Roald Hoffman untuk teori mereka, pengembangan mandiri, mengenai rangkaian reaksi kimia.

Dia menerima The Japan Academy Medal pada tahun 1962, dan Order of Culture and a Person of Cultural Merits, november 1981. Dari Januari sampai Juli 1970, dia menerima National Science Foundation Senior Foreign Scientist Fellow dan US-Japan Eminent Scientist Exchange Program Chemist pada bulan September 1973. Dia merupakan anggota International Academy of Quantum Molecular Science (Perancis), penasehat Institute for Molecular Science, Foreign Associate, National Academy of Sciences, Anggota European Academy of Arts, Sciences and Humanities, Anggota Kehormatan American Academy of Arts and Sciences, Anggota Japan Academy, dan anggota Pontifical Academy of Sciences. Dia mengabdikan diri sebagai Wakil President Chemical Society of Japan tahun 1978-1979 dan sebagai Presiden, tahun 1983-1984.

Pada tahun 1947, dia menikahi Tomoe Horie dan kemudian dikaruniai satu putra, Tetsuya, dan satu putri, Miyako. Dia meninggal pada tanggal 9 januari 1998 di Kyoto, Jepang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar