Sabtu, 12 Februari 2011

Vincent du Vigneaud, , Peraih Nobel Kimia tahun 1955

Vincent du Vigneaud, , Penerima Hadiah Nobel Kimia tahun 1955, dilahirkan di Chicago, Illinois pada tanggal 18 Mei 1901, sebagai anak laki-laki dari penemu baru-baru ini dan desainer mesin Alfred J. du Vigneaud dan istrinya, Mary Theresa. Ia belajar di bawah bimbingan profesor C.S. Marvel di Universitas Illinois dan mendapatkan gelar B.Sc. pada tahun 1923 dan M.Sc. pada tahun 1924.

Selama tahun 1924-1925, ia adalah asisten ahli biokimia Dr. W.G. Farr di Rumah Sakit Umum Philadelphia dan bekerja sebagai Sekolah Kedokteran di Universitas Pennsylvania. Pada tahun 1927, ia bekerja dengan Profesor J.R. Murlin dan mengajukan tesis ke Sekolah Kedokteran di Universitas Rochester yang memberikannya gelar Ph.D. Sebagai seorang penerima beasiswa Dewan Penelitian Nasional, ia bekerja dengan Profesor J.J. Abel di Sekolah Medis Universitas Johns Hopkins, dengan Profesor George Barger di Sekolah Medis Universitas Edinburgh dan bekerja dengan Profesor Charles R. Harrington di Rumah Sakit Universitas London.

Sekembalinya ke Amerika, du Vigneaud bergabung sebagai Staf Kimia Fisiologis di Universitas Illinois dengan bimbingan Profesor W.C. Rose dan pada tahun 1932, ia menjadi Kepala Departemen Biokimia di Sekolah Kedokteran Universitas George Washington. Sekolah Medis Universitas Cornell menawarkannya beasiswa profesor sebagai kepala Departemen Biokimia pada tahun 1938.

Du Vigneaud telah menerima banyak beasiswa sebagai pengajar di berbagai universitas di Inggris dan Amerika Serikat, di antaranya yang terbaru adalah beasiswa Liversidge di Cambridge, dan pada musim panas tahun 1947 ia adalah Dosen Tamu di Yayasan Amerika Swiss untuk Pertukaran Ilmu Sains di Swiss. Bahan kuliahnya di Universitas Cornell dipublikasikan pada tahun 1952, dengan judul A Trail of Research in Sulphur Chemistry and Metabolism and Related Fields(Jejak Perjalanan Kimia Sulfur dan Metabolisme serta Bidang Terkait) . Banyak himpunan kimia terpelajar di Amerika yang memberi du Vigneaud penghargaan dan ia menerima Medali Chandler dari Universitas Columbia pada tahun 1955 dan Medali Willard Gibbs dari Himpunan Kimia Amerika setahun berikutnya. Gelar doktor sains kehormatan didapatkannya dari Universitas New York dan Yale pada tahun 1955, dan dari Universitas Illinois pada kampanye Urbana pada tahun 1960.

Beasiswa kehormatan telah diberikan kepada du Vigneaud oleh Royal Society Edinburgh, Himpunan Kimia dan Institut Kimia Royal, di London. Ia telah dipilih sebagai penerima beasiswa dari banyak universitas ilmiah, dan diantaranya yang patut dicatat adalah Dewan Komisaris Institut Rockefeller dan Institut Arthritis dan Penyakit Metabolisme Nasional.

Penelitiannya terfokus utama pada senyawa biokimia yang mengandung sulfur, terkonsentrasi pada sulfur di insulin, dan yang terbaru adalah mempelajari dua hormon oksitoksin dan vasopressin dari kelenjar posterior di bawah otak. Ia juga mempelajari metabolisme antara , asam amino dan peptida, transmetilasi dan metabolisme senyawa karbon, transulfurasi, biotin dan penisilin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar