Sabtu, 12 Februari 2011

Wendell M. Stanley, Peraih Nobel Kimia Tahun 1946

Wendell Meredith Stanley dilahirkan di Ridgeville, Indiana, pada tanggal 16 Agustus 1904. Ia memulai pendidikan yang maju di Kampus Earlham dan medapatkan gelar Sarjana Sains (Bachelor of Science) pada tahun 1926 ketika ia masuk ke Universitas Illinois, lalu mendapatkan gelar Master Sains (Master of Science) pada tahun 1927 dan gelar Ph.D. di bidang Kimia pada tahun 1929.

Ia melanjutkan perjalanannya di Illinois sebagai rekanan peneliti dan kemudian sebagai instruktur sebelum ia pergi pada akhir tahun 1930, untuk melakukan penelitian di Munich sebagai Penerima Beasiswa Dewan Penelitian Nasional. Di Munich ia bekerja dengan Heinrich Wieland hingga akhir tahun 1931, ketika ia kemudian kembali ke Amerika Serikat untuk mengambil jabatan sebagai Asisten di Institut Rockefeller. Ia menetap di Institut hingga tahun 1948, menjadi Anggota Rekanan pada tahun 1937, dan sebagai seorang anggota pada tahun 1940. Pada tahun 1948, ia ditunjuk sebagai Profesor Biokimia dan Direktur Laboratorium Virus di Universitas California; selama periode 1948-1953 ia adalah Ketua Departemen Biokimia dan pada tahun 1958, ia menjadi Profesor Virologi dan Ketua Departemen tersebut.

Stanley bertanggung jawab pada banyak penelitian yang penting tentang senyawa leprasida, stereokimia difenil dan sifat kimia senyawa sterol. Penelitiannya pada virus yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman tembakau, mengarah kepada isolasi nukleoprotein yang menampilkan aktivitas virus mosaik temabaku. Virus ini tempak berperilaku seperti senyawa kimia yang tidak hidup, tapi virus ini menunjukkan aktivitas organisme hidup dan tumbuh. Penelitiannya yang terbaru adalah mengenai preparaasi dan penelitian virus influenza dan sejenisnya telah mengarah kepada pengembangan vaksin influenza tipe-sentrifuge. Ia dikenal dalam kewenangannya didunia pada virus dan sejenisnya, dan ia telah menulis lebih dari 150 paper dengan topik dan berkontribusi beberapa bab pada beberapa buku.

Profesor Stanley diberi penghargaan Hadiah Asosiasi Amerika untuk Pengembangan Sains pada tahun 1937, dan banyak penghargaan lainnya, termasuk Medali Rosenburger (dari Universitas Chicago), Hadiah Alder (dari Universitas Harvard) dan Penghargaan Scott (kota Philadelphia) pada tahun 1938; Medali Emas dari Institut Amerika di New York pada tahun 1941, Penghargaan Copernican pada tahun 1943; Medali Nichols (dari Himpunan Kimia Amerika) pada tahun 1946, Medali Gibbs (dari Himpunan Kimia Amerika)pada tahun 1947; Medali Franklin dan Sertifikat Penghargaan Presiden pada tahun 1948; Penghargaan Kedokteran Modern pada tahun 1958; Medali dari Himpunan Kanker Amerika untuk Pelayanan Menonjol dalam Pengendalian Kanker pada tahun 1963. Ia telah mendapat penghargaan gelar Doktor Sains oleh banyak universitas dan kampus, termasuk Earlham, Harvard, Yale (1938), Princeton (1947) dan Illinois (1959); gelar kehormatan Doktor Hukum Universitas California pada tahun 1946 dan Indiana pada tahun 1951, Seminar Teologi Yahudi di Amerika pada tahun 1953 dan Kampus Mills (1960); dan gelar Doktor, honoris causa, Universitas Paris pada tahun 1947.

Ia telah bekerja pada Dewan pada berbagai akademik, himpunan medis dan terpelajar lainnya, dan sebagai konsultan dan penasehat Pemerintah Amerika Serikat dan Organisasi Kesehatan Dunia. Ia melanjutkan karirnya sebagai Director-at-large, Himpunan Kanker Amerika dan juga sebagai anggota Dewan Penasehat Ilmiah di Institut Kanker Nasional. Ia merupakan anggota pada berbagai organisasi ilmiah.

Wendell M. Stanley menikah dengan Marian Staples pada tanggal 15 Juni 1929. Mereka memiliki satu anak laki-laki, Wendell M. Junior, dan tiga anak perempuan, Marjorie Jean, Dorothy Claire, dan Janet Elizabeth.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar